Sunday, September 23, 2007

yahoo! mash

yahoo! mash

m.a.s.hYahoo! baru saja meluncurkan layanan jaringan sosial barunya yang disebut Mash pada hari Jumat (14/9) yang lalu. Untuk saat ini layanan tersebut bersifat beta tertutup yang hanya dapat diikuti jika mendapatkan undangan dari orang lain yang telah terdaftar.

Seorang teman dari kronologger kebetulan berbaik hati mengirimkan undangan kepada saya. Jadilah sekitar satu jam saya habiskan untuk mengeksplorasi dan mengutak-atik fitur-fitur yang disediakan oleh Mash.

Hmmm, kurang lebih seperti facebook versi sederhana lah. Tampilan profil Anda terdiri dari kotak-kotak “modul” yang bisa diseret-lepas (drag drop) dalam dua kolom utama dan kanan yang disediakan. Modulnya sendiri mirip dengan konsep “application” pada facebook, walaupun masih sedikit pilihan yang tersedia.

Mash ini tampaknya adalah suatu upaya raksasa Yahoo!, seperti juga Google dengan Orkut-nya, untuk mengejar ketinggalan mereka pada genre layanan jaringan sosial yang serupa. Anehnya, secara konsep sebenarnya Mash ini agak tumpang tindih dengan layanan Yahoo! 360 yang telah beberapa lama disediakan, walaupun mungkin kurang sukses meraih massa.

Apakah Mash akan berhasil meraih massa pengguna layanan jaringan sosial secara signifikan? Dari hasil eksplorasi selama beberapa lama di situs tersebut, saya pikir tidak. Paling tidak jika tidak ada peningkatan layanannya, saya tetap lebih puas dengan facebook deh.

This entry was posted on Rabu, September 19th, 2007 at 05:07 and is filed under

No comments: